Apa Tujuan Anda Merencanakan Keuangan?

Hanya anda yang dapat menjawab pertanyaan diatas, apakah anda menginginkan mobil baru, rumah yang lebih besar, travelling ke lokasi wisata yang belum pernah anda dengar, atau mungkin resign dari pekerjaan anda dan pensiun.

Banyak orang mungkin meremehkan perencanaan keuangan, namun bersama SiNar dari Bahana TCW anda dapat memulai satu langkah terpenting dalam hidup anda, yaitu membuat sebuah perencanaan keuangan yang sesuai dengan tujuan investasi anda.

Apa itu Perencanaan Keuangan?

Perencanaan Keuangan bukan selalu berarti menciptakan lebih banyak uang untuk anda, namun lebih kepada bagaimana anda dapat meningkatkan taraf finansial dan menjalani kehidupan yang lebih baik dan terencana.

Perencanaan Keuangan yang baik membutuhkan proses yang berkesinambungan, sehingga anda memiliki kendali penuh atas kondisi keuangan anda maupun keluarga. Setiap individu memiliki kondisi & tujuan keuangan yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkan perencanaan keuangan yang bersifat spesifik pula. Tujuan akhir dari Perencanaan Keuangan adalah dimana anda dapat memiliki kebebasan finansial (financial freedom) untuk mewujudkan keinginan dan mimpi anda. Apapun itu.

Proses Perencanaan Keuangan

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita dihadapkan pada proses pengambilan keputusan. Dari yang rumit sampai hal-hal yang bersifat sepele, yang akhirnya berpengaruh terhadap kondisi keuangan anda dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Karena percayalah, setiap keputusan yang anda ambil akan selalu berhubungan dengan kondisi keuangan anda dan keluarga.

Proses Perencanaan Keuangan sendiri dapat dibagi menjadi 5 (lima) langkah sederhana, logis , mudah dimengerti dan diterapkan. Anda siap untuk memulainya?

Langkah-Langkah Perencanaan Keuangan:

Langkah 1 : Mengerti & Memahami Kondisi Keuangan Anda

Langkah Pertama dalam perencanaan keuangan adalah langkah terpenting yang harus anda ambil. Disini anda harus memeriksa, mengerti dan memahami kondisi keuangan anda seperti berapa besar pemasukan, pengeluaran, tabungan, dan hutang. Bila anda sudah berhasil memetakan kondisi keuangan anda, maka langkah selanjutnya untuk menuju ke gerbang kebebasan finansial sudah semakin dekat.

Langkah 2 : Tentukan Tujuan Finansial Anda

Langkah Kedua adalah menentukan apa yang anda tuju dari Perencanaan Keuangan. Mudahnya, penuhilah angan-angan anda dengan segala macam keinginan yang ingin anda wujudkan. Anda boleh berangan-angan untuk memiliki properti di lokasi premium, keliling dunia maupun mewujudkan impian anda untuk melihat buah hati anda masuk ke sekolah bergengsi. Angan-angan anda dapat terwujud menjadi nyata bila anda dapat memisahkan kebutuhan dengan keinginan belaka, atau dengan kata lain tentukan Prioritas anda.

Langkah 3 : Kategorikan Kebutuhan & Temukan Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Anda

Langkah Ketiga dalam perencanaan keuangan adalah menentukan kategori kebutuhan anda, apakah kebutuhan tersebut termasuk ke dalam kebutuhan jangka pendek seperti membeli elektronik yang dibutuhkan maupun kebutuhan jangka panjang seperti menyiapkan dana untuk naik haji. Setelah anda mengkategorikan kebutuhan, anda dapat menentukan rencana investasi yang cocok untuk anda dengan mengisi pertanyaan yang terdapat di website SiNar dari Bahana TCW.

Langkah 4 : Review Kembali Rencana Investasi Yang Sudah Anda Tentukan

Langkah Keempat adalah anda dapat melihat kembali rencana investasi , melakukan review dan mantapkan pilihan investasi anda. Dalam langkah ini, anda dapat mengevaluasi rencana investasi anda dan mengubahnya bila perlu, hingga anda benar-benar merasa nyaman untuk jalankan rencana investasi sesuai dengan kondisi anda.

Langkah 5 : Mengimplementasikan Rencana Investasi Anda

Langkah Kelima mungkin langkah terberat dalam proses perencanaan keuangan, dibutuhkan tingkat disiplin dan komitmen tinggi untuk menerapkan rencana investasi yang sudah anda buat. Anda mungkin harus berkorban untuk tidak memenuhi keinginan jangka pendek untuk mewujudkan impian jangka panjang. Namun jangan berkecil hati, dengan disiplin & komitmen berinvestasi bersama perencanaan keuangan SiNAr dari Bahana TCW, niscaya anda dapat mewujudkan mimpi anda.

Bila ada idiom "Good things happen to those who wait" yang menekankan pentingnya kesabaran, maka bersama SiNar dari Bahana TCW, idiom tersebut dapat anda ubah menjadi : "Good things happen to those who wait, but better things happen to those who PLAN".

Aset tidak akan berbuah dan menjadikan hidup anda lebih baik bila anda hanya anda simpan dan diamkan, namun aset anda akan memberikan perbedaan dan dapat membantu mewujudkan impian, bila anda tata dan rencanakan dengan baik dan benar.

Mengapa Harus Berinvestasi

Seringkali kita mendengar kata Investasi, namun apakah hakikat dari investasi? Secara sederhana, investasi adalah membiarkan "uang" anda bekerja untuk anda. Aset anda akan bertumbuh tanpa anda harus menghabiskan waktu untuk bekerja menghasilkan uang. Hal tersebut adalah esensi dari investasi. Investasi secara terencana dengan menggabungkan style berinvestasi dengan tujuan anda berinvestasi sangat penting untuk dilakukan, karena walau bagaimanapun perencanaan adalah salah satu faktor penting dalam berinvestasi.

Investasi yang benar akan melindungi serta menumbuhkan aset anda di masa yang akan datang, dan yang terpenting adalah melindungi aset anda dari gerusan inflasi.

Bersama SiNar, anda dapat melakukan perencanaan investasi bersama salah satu manajer investasi terkemuka di Indonesia. BAHANA TCW.